Wednesday, August 20, 2014

Animasi Komputer

1.Pengertian Animasi


Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan animasi. Animasi komputer salah satu bentuk modern cara pembuatan dan pengembangan animasi dengan teknik stop motion dalam animasi tradisional. Animasi komputer atau animasi CGI(Computer generated Imagery) ini sendiri merupakan sebuah proses yang digunakan untuk menghasilkan sebuah gambar atau animasi itu sendiri dengan menggunakan komputer grafis. Dengan menggunakan Animasi CGI kita dapat membuat suatu animasi dengan adegan yang statis dan dinamis, sedangkan animasi komputer hanya mengacu pada sebuah gambar yang bergerak.


Animasi tradisional pada dasarnya merupakan penerus digital dengan teknik stop motion yang digunakan dalam animasi tradisional. Animasi ini menggunakan model 3D dan frame by frame animasi ilustrasi 2D. Dengan menggunakan metode ini , animasi yang dihasilkan lebih terkendali daripada menggunakan proses manual, contohnya seperti saat kita ingin membaangun sebuah miniatures dengan memberikan efek keramaian tempat tersebut.



2. Sejarah dan Perkembangan


Animasi komputer awal digital dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun 1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National Laboratory. Komputer animasi awalnya, digunakan untuk tujuan penelitian ilmiah, teknik dan lainnya, tetapi eksperimentasi artistik mulai terjadi pada pertengahan 1960-an.


Pada pertengahan 1970-an, cara ini mulai masuk ke media publik. Banyak komputer grafis saat ini melibatkan penggambaran 2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring daya komputer meningkat, upaya untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi penekanan untuk perkembangan animasi komputer. Pada akhir 1980-an, foto-realistis 3-D mulai muncul di film bioskop, dan pada pertengahan 1990-an telah dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi dapat digunakan untuk produksi film keseluruhan.


Saat ini Animasi komputer modern biasanya menggunakan komputer grafis 3D, walaupun grafik komputer 2D masih digunakan, hal ini dikarenakan dengan menggunakan komputer 2D bisa membuat gaya, bandwidth lebih rendah, dan lebih cepat real-time rendering. Dengan menggunakan animasi komputer itulah seniman mulai menggunakan mesin permainan untuk membuat film non-interaktif, yang mengarah ke Machinima berbentuk seni.


Fitur-panjang komputer pertama film animasi adalahn film Toy Story oleh Pixar tahun 1995 . Animasi ini mengikuti petualangan mainan dan pemiliknya. Film terobosan ini adalah yang pertama dari banyak film penuh animasi komputer.Selain itu dengan Animasi komputer diciptakanlah film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010), Avatar (2009), Shrek 2 (2004), dan Cars 2 (2011).


3. Cara Kerja animasi komputer dan perkembangan teknologi.


Proses pembuatan animasi awalnya melibatkan penggunaan gambar tangan (manual), Dengan ditemukannya komputer maka beban yang dikerjakan oleh para animatorpun sedikit terkurangi. Sebagai teknologi canggih dengan adanya komputer lebih mempermudah pembuatan animasi,dan konsep tiga dimensi (3D) animasi pun menjadi mungkin. Melalui perangkat lunak dan pengembangan perangkat keras, komputer dapat menciptakan ruang 3D virtual untuk proses animasi. Hal ini juga membuat lebih mudah untuk mengedit urutan animasi karena lebih mudah untuk mengubah informasi digital. Namun, kita juga harus ingat bahwa sudut pandang yang diberikan pada animasi 3D akan menjadi sama dengan animasi 2D. Kedua jenis animasi yang ditampilkan pada permukaan 2D, merupakan layar. Satu-satunya perbedaan adalah seniman memiliki kontrol lebih besar atas animasi 3D dibandingkan animasi 2D. Dalam animasi 2D, jika sudut pandang perlu diaktifkan, seniman harus kembali menggambar gambar dalam sudut yang berbeda. Namun, dalam animasi 3D, semuanya adalah model 3D dalam dunia virtual 3D. Itu berarti para seniman hanya perlu mengganti tampilan kamera dengan menggunakan bantuan software. Dengan demikian, itu membuat animasi 3D lebih mudah untuk memproses dan terlihat lebih realistis.


Animasi grafis tidak hanya berhenti di film dan gambar gambar bergerak, tetapi juga maju ke bidang yang berbeda dengan bantuan teknologi baru. Komputer dapat membuat foto realistis tanpa bantuan kamera dan akhirnya membuat footages animasi yang tampak seperti mereka tangkap oleh kamera video. Perangkat video capture menjadi lebih canggih dan kuat. Film dapat direkam dengan resolusi sangat tinggi, dan proses transfer kepada konsumen menjadi lebih mudah. Namun demikian, peran teknologi memainkan bagian yang sangat besar dalam animasi, karena teknologi mempengaruhi perkembangan hardware dan software baru untuk proses pembuatan animasi. Bukan hanya itu, kemajuan perangkat capture seperti kamera video juga dapat menghasilkan film dengan resolusi yang lebih tinggi, sehingga membuat Computer Graphic Pencitraan (CGI) sangat fokus.


Sekitar beberapa ratus tahun yang lalu di mana tidak ada mikroprosesor, proses pembuatan animasi lambat dan kualitas tidak benar-benar baik. Namun, sebagai teknologi baru yang ditemukan seperti komputer, proses render film menjadi lebih mudah setiap hari. Namun, karena teknologi baru memungkinkan gambar untuk memiliki resolusi sangat tinggi, daya perangkat keras pengolahan juga menjadi tantangan. Dengan "tenaga kuda" adanya komputer CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphic Processing Unit), waktu render untuk gambar selama 20 tahun terakhir hanyamenghabiskan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Namun, karena resolusi tinggi, proses render akan memakan waktu lebih lama. Misalnya, film "Transformers", sebuah film tentang robot alien yang mencoba untuk menyerang bumi. Satu detik dari film biasanya memiliki 24 frame, dan kita dapat melihat lama waktu yang diperlukan untuk membuat rekaman CGI yang mengagumkan dengan teknologi terbaru yang tersedia.

Perkembangan teknologi tidak akan pernah berhenti dan dengan demikian animasi juga akan berkembang. Jika kita lihat kembali pada teknologi lama, kita harus kagum dengan kreativitas tersebut. Jika gambar menjiwai dapat dibuat dari teknologi kuno tersebut, bisa dipastikan akan ada lagi prestasi yang luar biasa di masa depan dengan penemuan canggih. Mungkin di masa depan, animasi 3D tidak akan terbatas pada layar 2D, tetapi kita akan melihat animasi 3D pada lingkungan nyata 3D .

4.Cara Membuat Efek Animasi


Cara Membuat Efek Animasi Page Loading di Blog - Efek animasi pada blog ini merupakan suatu efek page loading yang terbaru namun sangat sederhana sekali, tetapi animasi page loading di blog ini sangat keren sekali dengan efek-efek animasi loading yang begitu menarik dan banyak pilihan efek loadingnya. Banyak sekali website yang menyediakan ajax loading page untuk blog, dan saya juga akan membagikan beberapa efekanimasi loading page yang saya ambil dari salah satu web penyedia ajax animasi page loading.

Untuk membuat efek animasi page loading di blog kita hanya menggunakan sebuah CSS dan jQuery agar bisa menjadi sebuah efek animasi page loading di blog. Dengan menggunakan efek animasi page loading ini tidak akan terlalu memberatkan Loading Blog Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan penggunaan efek animasi page loading pada blog Anda.

Untuk itu blog Ficri Pebriyana akan membagikan sebuah tutorial membuat animasi loading pada blog terbaru 2014, dengan memberikan efek animasi loading maka akan terlihat begitu indah dan keren ketika Anda atau pengunjung blog sedang berada pada blog Anda lalu berpindah halaman maka efek animasi loading page ini akan terlihat. Baiklah langsung saja bagi Anda yang ingin membuat atau menambahkan efek animasi loading page di blog terbaru silahkan baca tutorialnya dibawah ini :

1. Masuk ke Blogger.com

2. Klik Template => Edit HTML

3. Cari kode ]]</b:skin> atau </style>

4. Copy kode css dibawah ini, lalu Paste diatas kode ]]</b:skin> atau </style>


/* Loading Page */ #page-loader{position:fixed!important;position:absolute;top:0;right:0;bottom:0;left:0;z-index:999999;background:#fff url(&#39;https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-YQi94JO_BOPGng6aaqnA-aOTPYypctd7iJW3TGCTZZACVCncWZlL43dZwG8FZ9Hu71LjaH0uiVXNNZJpQBTQmMcfP03CNNEMmiqVVaR2cx2PDoxjgs2MBd-uwVwRjjhyphenhyphen_fDMZguPg6-N/s128-no/loading.GIF&#39;) no-repeat 50% 50%;padding:1em 1.2em;display:none}

5. Cari kode </body>

6. Copy kode jQuery dibawah ini, lalu Paste diatas kode </body>


<script type='text/javascript'> //<![CDATA[ $(document.body).append('<div id="page-loader"></div>'); $(window).on("beforeunload", function() { $('#page-loader').fadeIn(1000).delay(9000).fadeOut(1000); }); //]]> </script>

7. Klik Simpan Template

Catatan :

- Anda bisa mengganti efek animasi loading dengan mengunjungi website ini http://preloaders.net.

- Anda juga bisa mengganti efek animasi loading yang sudah saya siapkan dibawah.


Kumpulan Efek Animasi Loading Page .Gif


Inilah beberapa efek ajax animasi loading page yang saya ambil dari salah satu web penyedia ajax loading page, silahkan bisa Anda pilih dibawah ini :





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhikY9KuCYDLs54meZZMZkPGpF9UzJwXxb9SIeqr1KrgETEOUZ9pZL950876wPT_oWJ6v-GpECoOJMMzeRIESheXmUO04ruM4E_lOCmFMVAhI5g8hXRMInSEbG-vPIjwErSMUDI4MZaaXQ/s128-no/Loading1.GIF






https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgFhXs_6HSdRrfZckVfFP4az4LgcAsbrjL0KlQaUj2gqjx1Rop5qfq35A2R4FPJNX9W6ukTT2WhoaTfdQL8UvBtSsW9KmcfpLTTyfowtrygUdO8oe4USalxXSC9tA6Eb2WrBzwJQmt7SPU/s128-no/Loading2.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMqRcQVz-K72dxNgCYnvUr1TnNTSwAbymZUl703540j9iGVTDgWwnb_pkKVglG5BXBvmjy0o447IhBtieOYwUVm2CFGksZL5R19Mn7K1wJoJCWMnnGAlNuNh7LPcE4LqEV0nhjT2bvN5Y/s128-no/Loading3.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNUoiE8RCH6LVoe9Ckcg0hXI7PgW2c2JybKevYi58OmnDu_d7Pc1N37Ib3PYMhy2yxrVbm-aOuY_twuDaK5qFzqidZHiabqTNfnNQKAIAS1gtruyAk6LcVoL8Rt-zBD4bz2z-KgN4BqPM/s128-no/Loading4.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUF8QuCgbfbASrqdgg9ruJeIUoQJG5Ypou1RUlMXP05TvUNY8_Til43uzUDl3WZzoRg0BbLlvqYaSEldRIBS-bDczZ9pjRAipKYhkCmFow9yzc4PZCeIYzsqFKgOffkLYsp15Ml1L5_SM/w124-h128-no/Loading5.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhd0nB9mUZiChT9Je5qNjUFg_ilwVO267RnaJikfqnH6ixCYvIsAkC-jAP8Ye2v_rhzwBsdAc5UF3vSPTRf0Z0_GmZu9UiU5rSlIECv9-nE0e4vvyU62M6n9MUNgvfBId0xQ1OCb404iOU/s128-no/Loading6.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbNVfwL35pCOiosfzAJTkXmBCUMxjJZZbeCbu8bf_8jzZoQqToeAdbxnVeplVMNu52eui4blhmcApMIqxTfHT01eA_5D_Yi96fgLD0c5wdmobAPqLhO70DEIxKJVaSzK2X-_GIcXjnVGg/s128-no/Loading7.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzCT_bk_adPL5EzVQK46ZDDGt1ehd9LpKY68DoLr_LnAM6nPLwdMj9W1Pi1XTLtDm6NmZ9Yd-60XBZE2zD7vgvTlnWAIA-mcFmcbpHJqYTHcEOVu-7nGD2wdblsSv84CKy7edLOdzZa5s/w128-h54-no/Loading8.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpeGa80QGCnX3r3D8YUxeITPCWBbYSkkZOGXypAESK74Z7v0Zhm5GM0ApFLd_Qu59EBad2gWJX37zOJRIk50EjyGxCw-Yuk50mzfUKTuC0sRqhm_Kfu2fksUJRaJxnTtNZ8v3FsrVY3vo/s128-no/Loading9.GIF





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzi6U3o3KrvFzaxOOU_KQTkkg5s0LJTr8DcI3XXYNeIak99K3W8T_VTqJuw3W7_h4TI6NURRKGTkvNzSqSuafn-ZC8Sd9yIOab-RGlc9gBF3Dz2WYHiCTwtu_huT7WsQPZNWDXwV6AfJU/w128-h40-no/Loading10.GIF

5.Teknik Pembuatan Animasi


Teknik pembuatannya animasi dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu : animasi cel, animasi frame, animasi sprite, animasi path, animasi spline, animasi vektor, animasi clay, morphing, animasi digital dan animasi karakter. Pengertiannya :




1.animasi cel

Animasi cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar dalam pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi. Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.




2.animasi frame

Animasi frame merupakan animasi yang paling sederhana, dimana animasinya didapatkan dari rangkaian gambar yang bergantian ditunjukan, pergantian gambar ini diukur dalam satuan fps (frame per second). Contoh animasi ini adalah ketika kita membuat rangkaian gambar yang berbeda pada tepian sebuah buku, kemudian kita buka buku tersebut sedemikian rupa menggunakan jempol, maka gambar akan terlihat bergerak. Dalam Macromedia Flash, animasi ini dibuat dengan teknik animasi keyframe, teknik ini sering digunakan untuk mendapatkan animasi objek yang tidak bisa didapatkan dengan teknik animasi tween, teknik animasi path dan teknik animasi script.




3.animasi sprite

Pada animasi ini setiap objek bergerak secara mandiri dengan latar belakang yang diam, setiap objek animasi disebut “sprite”. Tidak seperti animasi cel dan animasi frame, setiap objek dalam animasi sprite bergerak tidak dalam waktu bersamaan, memiliki besar fps yang berbeda dan pengeditan hanya dapat dilakukan pada masing-masing objek sprite. Contoh animasi ini adalah animasi rotasi planet, burung terbang dan bola yang memantul. Penggunaan animasi jenis ini sering digunakan dalam Macromedia Director.




4.animasi path

Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.




5.animasi spline

Pada animasi spline, animasi dari objek bergerak mengikuti garis lintasan yang berbentuk kurva, kurva ini didapatkan dari representasi perhitungan matematis. Hasil gerakan animasi ini lebih halus dibandingkan dengan animasi path. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kupu-kupu yang terbang dengan kecepatan yang tidak tetap dan lintasan yang berubah-ubah. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi script, teknik ini menggunakan action script yang membangkitkan sebuah lintasan berbentuk kurva dari persamaan matematis.




6.animasi vektor

Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, perbedaannya hanya terletak pada gambar yang digunakan dalam objek sprite-nya. Pada animasi sprite, gambar yang digunakan adalah gambar bitmap, sedangkan animasi vektor menggunakan gambar vektor dalam objek sprite-nya. Penggunaan vektor ini juga mengakibatkan ukuran file animasi vektor menjadi lebih kecil dibandingkan dengan file animasi sprite.




7.morphing

Morphing adalah mengubah satu bentuk menjadi bentuk yang lain. Morphing memperlihatkan serangkaian frame yang menciptakan gerakan halus dari bentuk pertama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain. Dalam Macromedia Flash animasi jenis ini dilakukan dengan teknik tweening shape.




8.animasi clay

Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut difoto secara beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh penerapan animasi ini adalah pada film Chicken Run dari Dream Work Pictures. Teknik animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang pembuatannya menggunakan alat bantu komputer.




9.animasi digital

Animasi digital adalah penggabungan teknik animasi cell (Hand Drawn) yang dibantu dengan komputer. Gambar yang sudah dibuat dengan tangan kemudian dipindai, diwarnai, diberi animasi, dan diberi efek di komputer, sehingga animasi yang didapatkan lebih hidup tetapi tetap tidak meninggalkan identitasnya sebagai animasi 2 dimensi. Contoh animasi jenis ini adalah film Spirited Away dan Lion King.




10.animasi karakter

Animasi karakter biasanya digunakan dalam film kartun berbasis 3 dimensi, oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai animasi 3D. Pada animasi ini setiap karakter memiliki ciri dan gerakan yang berbeda tetapi bergerak secara bersamaan. Dalam pengerjaannya, animasi jenis ini sangat mengandalkan komputer, hanya pada permulaan saja menggunakan teknik manual, yaitu pada saat pembuatan sketsa model atau model patung yang nantinya di-scan dengan scanner biasa atau 3D Scanner. Setelah itu proses pembuatan objek dilakukan di komputer menggunakan perangkat lunak 3D modelling and animation, seperti Maya Unlimited, 3ds max dan lain sebagainya. Setelah itu dilakukan editting video, penambahan spesial efek dan sulih suara menggunakan perangkat lunak terpisah. Bahkan ada beberapa animasi dengan teknik ini yang menggunakan alam nyata sebagai latar cerita animasi tersebut. Contoh animasi dengan teknik ini adalah Film yang berjudul Finding Nemo, Toy Story dan Moster Inc.

Referensi :
http://dhayat-everythings.blogspot.com
http://animlicious.blogspot.com/2013/07/animasi-komputer.html

No comments:

Post a Comment